Selamat Datang di Pratomo Wijoyo Berikan Komentar Anda untuk Kemajuan Blog ini

Sabtu, 10 Juli 2010

Belajar C++ : Chapter 3 Variable adalah Sebuah Kotak Tua

Ketahui int kamu dari float

Semua bahasa Pemrograman Komputer menggunakan konsep type data, penyebutan ini mengarah ke kategori dari informasi yang akan disimpan, baik itu numerical maupun text, dalam hal angka, apakah semua angka..? atau hanya angka desimal, dan lainnya. Dalam C++ terdapat banyak macam tipe data, tapi dalam chapter ini anda hanya akan mempelajari 4 tipe data dasar, yaitu :

Integer Semua angka, seperti 7, 45, 65, -425, dan 0. Dalam C++ angka tersebut di deskripsikan ke dalam int;

Floating-point number Semua angka desimal, seperti 6.75, 1.25, -22.1, 7.0. Dalam C++ di kategorikan kedalam float;

Character Semua huruf ataupun simbol yang dapat di ketik melalui keyboard, seperti t, a, m, a, ?, &, dan $. Semua karakter ini dikategorikan ke dalam char yang perlu diperhatikan adalah karakter selalu berada dalam tanda single quote ' contoh 'a';



String Beberapa karakter dalam satu baris, mudahnya dapat disebut sebuah kata, seperti Hellknight, 12345, ?#$%455, dll. Dalam C++ karakter seperti ini secara teknikal merupakan array character, berbeda dengan char, karakter string selalu diapit oleh simbol double quote " contoh "HellKnight".


Semua tergantung pada besarnya box

Step selanjutnya, kita akan membahasa variable. Variable dapat dimisalkan sebuah Box ataupun kotak yang dapat digunakan untuk meyimpan sebuah informasi ataupun data. Jadi, seberapa besar kapasitas box ini..? box yang meyimpan data Integers memiliki kapasitas yang berbeda dengan box yang menyimpan data float dan akan berbeda juga dengan box yang menyimpan data char. Dalam C++ kamu dapat menset besarnya kapasitas sebuah dengan memilih tipe data yang digunakan dan memberikan sebuah nama pada box itu. Proses ini disebut deklarasi variable untuk mudahnya nama box merupakan identifier-nya dan box-nya sendiri itu merupakan variable-nya.

Ketika kalian men-deklarasikan sebuah variable, akan sangat berguna jika kalian menggunakan nama yang sensitiv, dan juga merupakan praktek pemrograman yang baik. Contoh sebuah variable akan digunakan untuk menyimpan daya berupa kecepatan mobil, akan sangat mudah dikenali jika variable ini saya beri nama kecepatan daripada saya beri nama x. Tidak ada alasan yang tepat untuk memaksakan penggunaan cara tersebut, namun cara ini hanyalah memudahkan bagi seorang programmer.

Ok, saatnya melalukan practice :


#include <iostream.h>

main()
{
int angka; //set up an integer variable

angka = 13; //berikan sebuah angka
cout <<angka; //tampilkan ke layar
return(0);
}


Contoh diatas untuk penggunaan tipe data Integers, Contoh penggunaan char seperti di bawah ini :


#include <iostream.h>

main()
{
char huruf; //set up an char variable

huruf = 'T'; //berikan sebuah huruf
cout <<huruf; //tampilkan ke layar
return(0);
}


Untuk float seperti ini :


#include <iostream.h>

main()
{
float angka; //set up an float variable

angka = 1353.215; //berikan sebuah angka
cout <<angka; //tampilkan ke layar
return(0);
}


Tulis code programya, compile dan jalankan, pahami makna nya, untuk penggunaan tipe data String sama halnya dengan char namun harus menggunakan double quote " .

Sekarang saatnya sedikit untuk Advance, dalam C++ anda dapat mengisikan angka pada sebuah variable dan sekaligus mendeklarasikannya hanya dalam satu baris, ya inilah teknik yang sering digunakan oleh para programmer profesional, contohnya :


int angka = 41524541 ;


Contoh di bawah ini saya ambil dari contoh program diatas


#include <iostream.h>

main()
{
int angka = 1234 ; //set up an integer variable
cout <<angka; //tampilkan ke layar
return(0);
}


Terlihat perbedaannya, kita dapat menghemat satu baris program cukup simple

To Be Continued





0 comments:

Posting Komentar