Selamat Datang di Pratomo Wijoyo Berikan Komentar Anda untuk Kemajuan Blog ini

Rabu, 14 Juli 2010

Belajar SEO : Mengenal SEO

Capek belajar pemrograman, algoritma yang sering membuat kepala Migrain, jadi sedikit refreshing ke pembelajaran tentang SEO. Apa itu SEO, merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, (Bener nggak ya pake z..?), intinya SEO itu adalah teknik agar blog maupun Website kita bersahabat dengan Search Engine. Maksudnya bersahabat adalah ketika user mengetik sebuah kata ataupun kalimat pada search engine, blog kita dapat tampil di halaman pertama, lebih baik lagi jika tampil pertamaxx (nomor satu maksudnya). Enggak mau kan kalo blog anda tampil pada halaman ke 50 misalnya, siapa coba yang mau kunjungi blog anda jika berada pada halaman 50 pada hasil pencarian di search engine.

Lalu, kenapa kita musti memikirkan Search Engine ini, toh tanpa bersahabat dengan Search Engine Blog kita dah ada yang mengunjungi, jawabannya bener juga, tapi lihat seberapa banyak pengunjung anda, mungkin hanya dari facebook, forum ataupun lainnya dimana anda menempatkan link anda, lihatlah keseharian orang, ketika mereka ingin mencari sesuatu, apa yang mereka lakukan..? Mencari lewat Search Engine kan,,,? misalnya Search Engine GOOGLE, kenapa rank Google bisa selalu nomor 1 di dunia, ya karena setiap hari Google selalu dikunjungi oleh banyak user.



Anda tidak mau ketinggalan kesempatan kan jika melihat traffic Google yang sangat besar itu, maka dari itulah ilmu SEO muncul, kita berlomba-lomba menempatkan blog kita berada pada halaman pertama Google dengan tujuan agar user mengunjungi blog kita.

Jujur saya masih newbie dalam hal SEO seperti ini, jadi kalo menurut anda artikel ini kurang menarik segera tinggalkan artikel ini, karena anda telah membuang-buang waktu yang berharga dengan membaca artikel ini, tetapi jika anda merasa tertarik saya merasa sangat bersyukur sekali, alhamdulillah ada yang mau baca artikel saya.

Pertama belajar SEO untuk blog, saya mendapatkan tentang penggunaan tag meta yang terdiri dari meta keyword dan meta description, meta keyword berisi kata-kata yang merupakan keyword pencarian, sedangkan meta description berisi penjelasan singkat mengenai blog anda maupun website anda.

Jika anda jeli, anda dapat melihat meta tag dari suatu website dengan melihat page source nya, jika anda pengguna Mozilla Firefox anda tinggal klik kanan dan view page source, maka anda akan melihat banyak kode html yang ditampilkan, dan salah satunya merupakan meta tag, biasanya tempatnya berada diatas, karena meta tag ini ditempatkan didalam tag head.

Jika anda seorang blogger seperti saya, untuk menambahkan meta tag pada blog anda, anda dapat menambahkannya melalui edit html, lalu tambahkan meta tag diantara tag head.

contohnya ;


<meta content='Sharing Ilmu Pemrograman, Linux, OpenSource, Semua hal Tentang IT' name='description'/>


untuk meta description


<meta content='belajar java, main game, game, linux' name='keyword'/>

untuk meta keyword

Yang perlu anda perhatikan hanyalah meta keyword, terdapat aturan dalam penggunaan meta keyword pergunakannlah keyword yang benar-benar ada hubungannya dengan website anda dan jangan sampai mengulang keyword yang sama sebanyak lebih dari tiga kali ( kalo gak salah CMIIW), jika anda melanggarnya Search Engine akan menganggap anda SPAMMER, dan bisa-bisa web anda akan di BlackList dan tidak akan terindex lagi oleh Search Engine.

Sekian Artikel SEO dari saya, bagi para master SEO mohon pencerahan, dan kritiknya untuk artikel ini. Sekian.

Pratomo





0 comments:

Posting Komentar