Selamat Datang di Pratomo Wijoyo Berikan Komentar Anda untuk Kemajuan Blog ini

Jumat, 21 Januari 2011

keyboard tidak terdeteksi ubuntu 10.04 vmware

Untuk orang yang awam dengan Sistem Operasi Linux, mungkin mem-Virtualkan sistem itu mungkin menjadi sebuah pilihan untuk mempelajarinya. Nah, ada suatu masalah ketika saya memvirtualkan Ubuntu 10.04 di VMware Workstation 7 saya, ketika Ubuntu 10.04 selesai di installasi, saya tidak bisa login ke dalam sistem operasi Ubuntu 10.04, karena apa ?, karena keyboard saya tidak terdeteksi di Ubuntu 10.04 vmware, hmmm,,,

Setelah googling, ternyata masalah ini tidak menimpa saya saja, memang kebanyak seperti itu, lalu bagaimana mengatasinya. Oke kita bahas pelan- pelan biar artikel ini juga jadi banyak :D.

Yang jelas anda membutuhkan keyboard, untuk login kedalam sistem anda bisa menggunakan keyboard virtual di Ubuntu 10.04, caranya silahkan lihat ke gambar di bawah ini


keyboard tidak terdeteksi ubuntu 10.04 vmware

keyboard tidak terdeteksi ubuntu 10.04 vmware

keyboard tidak terdeteksi ubuntu 10.04 vmware


Dan permasalahan tidak berakhir disitu, anda masih membutuhkan keyboard virtual di sistem nantinya, sedangkan keyboard virtual tadi akan hilang ketika kita sudah login
ke dalam sistem.

Dan dari kejadian ini saya juga baru tau, dimana On Screen Keyboardnya Ubuntu... :D
masuk ke menu System > Preferences > Assistive Technologies
check list “Enable assistive technologies” kemudian klik Preferred Applications
dibawah Mobility pilih onBoard dan check list Run at Start,
maka akan ada on Screen Keyboard yang muncul.

Sekarang saatnya masuk ke Terminal, disini kuncinya sabar ya karena kita make on Screen Keyboard, jadi agak lama ketiknya..

masuk ke direktori

cd /etc/default/


kemudian ketikkan perintah

gedit console-setup


lalu akan nampak script - script, yang perlu anda perhatikan adalah script dibawah ini


XKBMODEL=”SKIP”
XKBLAYOUT=”us”
XKBVARIANT=”U.S. English”
XKBOPTIONS=”"


ganti script diatas dengan script berikut ini

XKBMODEL=”pc105?
XKBLAYOUT=”us”
XKBVARIANT=”"
XKBOPTIONS=”"


kemudian ketikkan perintah berikut

sudo reboot


hehehe... kita reboot Ubuntu 10.04

dan selesailah tutorial untuk keyboard tidak terdeteksi ubuntu 10.04 vmware


Artikel Saya lainnya :



2 comments:

Anonim mengatakan...

mantab bro..
masalah ane sama soalnya :D

keluar dari editor 'gedit console-setup' itu koq ga mau ya?

ESC SHIFT :wq! (ini juga ga mau)
SAVE AS n REPLACE ASLINYA jg ga mau..

ada masukan?
Maklum newbie..

Makasi sblmnya..

Pratomo Wijoyo mengatakan...

gedit kan editor yang dah GUI,

tinggal klik file, save aja...

---------------------
untuk perintah :wq! setahu saya ini digunakan di VIM, jadi ndak bisa..

saran saya yang lain, bisa gunakan editor nano, jika cara diatas tidak bisa...

Posting Komentar