Selamat Datang di Pratomo Wijoyo Berikan Komentar Anda untuk Kemajuan Blog ini

Senin, 28 Juni 2010

Belajar C++ : Chapter 2 Berawal dari gelap part 1

Dalam artikel ini anda akan melihat dasar dari penulisan C++, belajar beberapa kata yang sering digunakan, dan menulis program pertama anda. Kita mulai permainannya,

Dibawah ini adalah basic layout programming dari C++

#include <iostream.h> //library output/input
#include <conio.h> //extra library

#define constants // deklarasi konstanta

main() // start of the program
{
declarations of variables // daftar dari variable yang ada

statements; // Statement

statements; // Statements selanjutnya

statements; // Sebanyaknya yang anda mau
}


Note : Jangan tulis kode diatas di Komputer, kode ini hanyalah sebagai sample


C++ memiliki Keyword yang relative sedikit, tetapi memiliki library yang cukup luas. Perintah # include memberitahukan library yang digunakan oleh program, dalam contoh diatas menggunakan iostream.h, library yang digunakan untuk penanganan input/output penanganan string, dll.



Di dalam sebuah perpustakaan, semua ilmu terdapat pada buku yang berjajar rapi, dan kita tinggal memilih ingin mempelajari apa. Seperti halnya dengan library dalam C++, buku diibaratkan sebagai iostream.h. Jika ingin melakukan operasi Input/Output kita tinggal menggunakannya.

Dalam kehidupan ini kadang ada yang tidak berubah sama sekali, begitu pula dengan program, kadang kala ada sebuah variable yang tidak berubah sama sekali ketika program dijalankan, biasanya hal ini disebut konstanta, konstant berarti tetap. Sebuah konstanta didefinisikan sebelum sebuah program utama dijalankan caranya dengan # define .

Beberapa paraghraph tulisan diatas adalah penjelasan dari kode program contoh sebelumnya, saatnya kita membahas program yang real.

Semua C++ program dibentuk dari blok-blok kode yang disebut function, dan satu hal yang perlu anda catat dan ingat, semua program c++ harus mengandung fungsi main ( ). Karena ketika program dijalankan, fungsi main( ) inilah yang akan pertama kali dijalankan.

Berikutnya adalah variable, variable merupakan sebuah informasi yang dapat berubah selama program dijalankan. Variable biasanya di tulis(di deklarasikan di fungsi main ( ), variable ini nantinya akan menjadi wadah/tempat dari sebuah nilai.

Kemudian pada baris selanjutnya, terdapat baris statement yang akan dieksekusi oleh program. Pada baris inilah inti dari sebuah program, ingin dibuat apa dan untuk apa.

Dan akhirnya sampai pada akhir fungsi main.

Pada contoh program diatas terdapat tanda //, tanda ini disebut baris komentar. Komentar sangat penting keberadaanya pada sebuah program, walaupun tidak akan sama sekali dieksekusi oleh program, komentar dapat mempermudah pembacaan terhadap sebuah program.

Dalam C++ pemberian komentar memiliki 2 cara :
1. // digunakan untuk single comment contoh,

//ini komentar tunggal


2. /* dan */ digunakan untuk komentar multiple contoh,

/* This is
Multiple
comment*/


Ok, saya rasa teori diatas sudah cukup anda pahami, sekarang kita akan belajar membuat program pertama anda. Cukup simple, anda hanya akan menampilkan teks di layar monitor anda, anda dapat menggunakan perintah cout, biasa saya sebut see out.

Contohnya seperti ini,

#include <iostream.h>

main()
{
cout << "Program pertamaku.. ";
return(0);
}


penjelasan :

cout perintah untuk menampilkan ke layar monitor
<< dikenal sebagai operator penyisipan, dan menyisipkan apapun ke output stream, dalam hal ini adalah layar.

Semua yang ada di dalam tanda quote " dikenal sebagai string, dan yang perlu anda ingat, jangan lupa memberikan tanda semicolon ; pada akhir statement program.


Techno Talk

Kebanyakan kesalahan pada sebuah program terjadi dikarenakannya kurang tanda semicolon ; , ketika anda belajar C++ selalu ingatkan diri anda untuk memberikan tanda semicolon ; pada setiap akhir statement. Lalu pada suatu saat anda lupa memberikan tanda semicolon compiler mengcompile program anda, compiler akan mendeteksi kesalahan pada baris selanjutnya, bukan baris dimana terjadinya kesalahan. Hal ini dapat sangat membingungkan, sehingga saran saya hanyalah hati-hati, dan selalu latihan


To be Continue to Part 2

Next Chapter
Belajar C++ : Chapter 2 Berawal dari gelap part2

Previous Chapter
Belajar C++ : Chhapter 1 Pengenalan C++

HellKnight


2 comments:

Fa Ijun Sabildin mengatakan...

blognya keren om, kalo ada waktu, kapan2 maen ya ke blog saya di junxp.blogspot.com

Pratomo Wijoyo mengatakan...

Thanks,

saya dah ke junxp, tapi gak ada tuh...

Posting Komentar